Monday 25 April 2016

Tips sukses membuat donat

tips sukses membuat donat

Tips sukses membuat donat

Tips sukses membuat donat
  • Donat berasa asam?
Donat berasa asam karena kebanyak ragi atau proses fermentasi terlalu lama. Gas CO2 yang ada didalam adonan tidak bisa keluar sehingga menyatu dengan gula dan membentuk alkohol berlebihan, alhasil rasanya asam.
Selain itu, kebanyakan backing powder ternyata juga bisa menyebabkan rasa asam pada donat bahkan pada cake lainnya.
Jenis tepung terigu juga berpengaruh, tepung terigu dengan protein dibawah 7% dan ph terlalu rendah bisa menyebabkan rasa masam.
  • Donat bantat?
Disarankan untuk mencampur tepung terigu protein tinggi 70% dan 30% tepung terigu protein rendah agar donat mengembang dengan sempurna dan tidak keras. Penggunaan ragi yang kurang, menyebabkan donat tidak mengembang sempurna. Ragi instan yang kurang bagus dan udah lama juga bisa menyebabkan donat bantat. Kurang kalis dalam menguleni adonan merupakan penyebab lain dari kegagalan dalam pembuatan donat. Gunakan terigu/ kentang dengan takaran yang tepat. Kelebihan terigu atau kentang untuk donat kentang, merupakan salah satu penyebab donat menjadi bantat. Waktu fermentasi yang terlalu singkat menyebabkan donat belum mengembang sempurna, sehingga ketika digoreng donat menjadi bantat.
  • Donat gosong tapi belum matang?
Permukaan luar donat terlihat gosong, padahal di adonan dalam donatnya belum matang sempurna itu bisa disebabkan karena api terlalu besar. Gunakan api kecil saja. Kalau terlalu gosong padahal api sudah kecil kemungkinan karena kebanyakan gula atau faktor minyak goreng yang dipakai. Usahakan pakai minyak goreng yang baru (bukan sisa penggorengan) dan jenis minyak goreng padat

Sumber : Google

1 comment: